Saturday 9 July 2016

Ciri-Ciri VGA Rusak Atau Bermasalah

>

Ciri-Ciri VGA Rusak atau Bermasalah - VGA (Video Graphics Adapter) merupakan hardware pada komputer yang berfungsi memproses gambar yang diinput kemudian menampilkannyapada layar monitor.

VGA secara default sudah terdapat pada motherboard yang biasa disebut sebagai VGA Onboard sedangkan yang dibeli terpisah disebut VGA Card add-on atau bisa juga disebut VGA Offboard.

Kualitas VGA Offboard biasanya lebih bagus dari VGA Onboard karena VGA Offboard memiliki sistem kerja yang terpisah dari pemprosesan chipset motherboard dan memiliki processor sendiri untuk memproses bit-bit gambar.

Semakin besar kapasitas memory yang dimiliki VGA maka semakin bagus pula gambar yang akan dihasilkan dari VGA tersebut.

Penambahan VGA Card biasanya dilakukan oleh para gamers yang tidak puas dengan kinerja dan kualitas VGA Onboard.

Seperti halnya dengan hardware komputer yang lain yang bisa rusak atau bermasalah VGA juga bisa mengalami hal tersebut, berikut ciri-ciri VGA rusak atau bermasalah :

1. Layar akan berubah warna

Hal ini merupakan ciri umum yang sering terjadi yaitu layar akan berubah warna dari biasanya karena adanya chipset yang tidak bekerja dengan baik pada VGA dan memory VGA tidak berfungsi secara penuh.

Gambar yang tampil pada layar akan berbentuk puzzle acak atau warna pada gambarnya tidak bisa menyatu seperti seharusnya.

2. VGA terlalu panas

Pada sebuah VGA terdapat GPU (Graphics Processing Unit) yang sama dengan processor yang dimiliki komputer.

GPU (Graphics Processing Unit) berfungsi mengolah atau memproses bit-bit gambar.

Jika chipset dari GPU tidak berfungsi dengan maksimal hanya akan menghasilkan gambar yang tidak jelas yang terlihat hanya seperti kumpulan kotak-kotak berwarna.

VGA juga akan menjadi terlalu panas jika ada chipset yang tidak berfungsi dengan baik ataupun kipas yang tidak bekerja.

Solusinya coba periksa apakah kipas VGA Card sudah bekerja dengan baik dan jika tidak sebaiknya ganti dengan sistem pendingin yang lain.

3. Monitor kurang cerah

Hal ini terjadi juga bisa disebabkan karena monitor yang rusak atau kabel VGA yang tidak terpasang dengan baik.

Solusinya coba ganti monitor dengan monitor yang lain dan apabila masalah masih sama coba pasang kabel VGA dengan benar.

Apabila sudah melakukan hal di atas dan masalah masih sama sudah dipastikan VGA Card bermasalah atau rusak.

4. Bunyi beep saat komputer dinyalakan

Bunyi beep BIOS merupakan cara pertama untuk mendiagnosa kerusakan pada salah satu hardware. Bunyi beep berbeda-beda pada setiap hardware mana yang rusak.

Bunyi beep sama halnya dengan kode morse ada yang bunyi beep panjang ataupun pendek. Bunyi beep berbeda-beda pula pada setiap merk BIOS yang digunakan.

Pada Ami BIOS akan terdengar bunyi beep 8x yang artinya VGA tidak terpasang dengan benar.

Pada Award BIOS akan terdengar bunyi beep 1x panjang, 2x pendek yang menandakan VGA rusak atau tidak terpasang dengan baik.

Pada Phoenix BIOS akan terdengar bunyi beep 3-3-4, tanda (-) berarti pause atau pemisah. Jika beep ini terdengar berarti VGA rusak atau tidak terpasang dengan benar.

Pada IBM BIOS akan terdengar bunyi beep 1x yang artinya blank monitor VGA card sirkuit, beep 1x panjang 2x pendek, dan juga beep 1x panjang 3x pendek yang berarti ada masalah pada VGA.

Demikianlah sedikit informasi mengenai ciri-ciri VGA rusak atau bermasalah semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment