Friday 8 July 2016

Ciri-Ciri Processor Rusak atau Bermasalah

>

ciri-ciri processor rusak atau bermasalah - Processor atau CPU (central processing unit) merupakan salah satu hardware komputer yang sangat penting dalam hal kecepatan kinerja komputer.

Processor juga biasa disebut sebagai otak dari komputer. Semua hal yang berhubungan dengan pengolahan data akan dilakukan oleh processor.

Semakin tinggi kecepatan sebuah processor maka semakin cepat pula kinerja dari komputer secara keseluruhan.

Jika processor mengalami masalah maka proses kerja dalam komputer saat mengolah data akan terganggu secara keseluruhan, berikut beberapa ciri-ciri processor rusak atau bermasalah :

1. Muncul bunyi bip yang tidak wajar

Pada saat menyalakan komputer BIOS akan melakukan pengecekan pada keseluruhan hardware komputer dan akan muncul suara bip yang menandakan apakah komputer normal atau bermasalah.

Jika terdengar suara bip yang tidak wajar bisa dipastikan ada salah satu komponen hardware yang bermasalah.

Pada AMI BIOS jika processor bermasalah akan terdengar suara bip 5x pendek dan 7x pendek sedangkan jika menggunakan jenis Award BIOS akan terdengar suara bip berfrekuensi tinggi secara terus menerus dan biasa juga terdengar bip bergantian tinggi dan rendah berulang-ulang.

2. Komputer tiba-tiba mati saat bekerja

Sewaktu menjalankan program yang memaksimalkan kinerja processor komputer akan tiba-tiba mati, hal ini disebabkan karena processor mengalami panas berlebihan.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan fatal sebaiknya matikan semua daya atau listrik yang terpasang.

Jika mengalami masalah ini solusinya yaitu cek ventilasi udara, bersihkan dari debu, ganti kipas jika perlu, dan beri thermal paste ulang ke processor, dan pasang heatsink yang lebih bagus.

Selain itu hal ini juga bisa disebabkan karen RAM atau GPU rusak atau bermasalah.

3. Komputer tidak bisa hidup sama sekali

Kondisi ini merupakan ciri-ciri yang sangat parah dan menandakan processor tidak bisa dipakai lagi tetapi jangan panik dulu hal ini juga biasa disebabkan karena power supply rusak.

Coba ganti power supply dengan yang baru untuk memastikan atau bisa juga dengan melepaskan salah satu kabel hardisk jika menggunakan lebih dari satu hardisk untuk menguji apakah power supply tidak bisa menyalurkan daya secara optimal.

Kerusakan pada processor atau CPU memang sangat sulit untuk diatasi, mau tidak mau jika processor atau CPU rusak maka harus diganti dengan yang baru.

Penyebab utama processor atau hardware lainnnya rusak pada umumnya disebabkan karena panas dan sumber daya listrik yang tidak stabil.

Untuk mencegah kerusakan pada processor atau hardware yang lain sebaiknya selalu membersihkan komputer dari debu untuk melancarkan proses pendinginan dan gunakan stavolt untuk menstabilkan arus daya listrik.

Demikianlah sedikit informasi mengenai ciri-ciri processor rusak atau bermasalah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 comments: