Sunday 10 July 2016

Arti Bunyi Bip Pada Award BIOS

>

Arti Bunyi Bip Pada Award BIOS - Pada saat komputer dinyalakan BIOS akan melakukan POST (Power On Self Test) yang fungsinya untuk melakukan pengecekan terhadap hardware komputer.

Pada saat BIOS mendeteksi ada kerusakan atau error pada hardware akan muncul suara bip panjang atau pendek sebagai tanda hardware mana yang rusak atau bermasalah.

Dikarenakan banyaknya macam-macam merk BIOS maka setiap merk BIOS memiliki bunyi bip yang berbeda-beda pada setiap mendeteksi error hardware.

Untuk mengetahui merk BIOS apa yang kita punya coba perhatikan logo sebelah kiri atas layar pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang kode bunyi bip pada Award BIOS, berikut daftar kode bunyi Award BIOS :

Bip 1x panjang 2x pendek - artinya ada masalah pada VGA card atau kartu grafis, bisa juga pada GPU, VGA Card tidak terpasang dengan benar, dan coba cek kabel VGA atau HDMI apakah sudah terpasang dengan baik.

Bip 1x panjang 3x pendek - artinya BIOS mendeteksi tidak adanya VGA Card terpasang atau memori GPU rusak. Coba lepaskan VGA dan pasang kembali dengan benar.

Bip 5x panjang - artinya ada masalah pada kipas CPU atau processor. Coba cek setting fan atau kipas CPU di BIOS dan bisa jadi juga kipas CPU rusak dan perlu diganti.

Bip 5x pendek - artinya ada data pada BIOS yang corrupt. Coba gunakan cadangan data BIOS tetapi jika tidak ada terpaksa harus flash ulang BIOS motherboard.

Bip frekuensi tinggi terus menerus - artinya processor atau CPU mengalami panas berlebih. Coba cek kipas processor apakah ada aliran udara atau sementara gunakan kipas angin atau AC ke arah processor untuk menurunkan panasnya.

Bip tinggi dan rendah bergantian secara terus menerus - artinya CPU atau processor mengalami masalah bisa jadi tidak terpasang dengan benar atau CPU atau processor kelebihan panas.

Bip berulang-ulang tanpa henti - artinya ada masalah pada memori atau RAM. Coba cek apakah RAM sudah terpasang dengan baik atau lepaskan RAM dan pasang kembali dan pindahkan RAM ke slot yang lain. Bisa juga dengan membersihkan pin ram dengan penghapus karet.

Dengan mengenali bunyi dari BIOS kita bisa mengetahui hardware mana yang bermasalah pada komputer kita sebagai diagnosa awal untuk perbaikan dan pergantian hardware yang bermasalah.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Arti Bunyi Bip Pada Award BIOS, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment