Saturday 9 July 2016

Ciri-Ciri Power Supply Rusak Atau Bermasalah

>

Ciri-Ciri Power Supply Rusak Atau Bermasalah - Power Supply merupakan hardware yang ada pada komputer yang berfungsi sebagai sumber daya listrik yang menyalurkan listrik ke hardware lain agar dapat beroperasi atau bekerja.

Pada dasarnya Power Supply bukan saja menghasilkan arus daya listrik tetapi ada beberapa power supply yang juga bisa menghasilkan energi mekanik atau energi lainnya.

Komputer tidak akan beroperasi dengan baik atau bahkan tidak nyala jika power supply mengalami masalah. Berikut ciri-ciri power supply rusak atau bermasalah :

1. Komputer tidak menyala sama sekali

Keadaan ini merupakan keadaan yang sering terjadi pada umumnya, jika power supply mengalami masalah maka komputer tidak dapat menyala sama sekali walaupun sumber listrik dan hardware lain dalam kondisi yang baik.

2. Kipas power supply tidak bekerja

Kipas power supply tidak bekerja atau tidak menyala saat komputer dalam keadaan nyala walaupun hardware dan komponen listrik sudah terpasang dengan baik atau benar.

3. Lampu indikator komputer tidak menyala

Lampu indikator komputer tidak mau menyala sehingga sistem komputer tidak mau menyala dan tidak dapat beroperasi dengan baik.

4. Komputer menyala tetapi stuck pada  BIOS

Komputer yang mengalami masalah pada power supply juga seringkali tidak bisa masuk ke sistem operasi dan hanya stuck atau diam pada layar BIOS saja.

Selain hal diatas, adapun beberapa ciri-ciri power supply yang mengalami kerusakan ringan sehingga masih bisa digunakan tetapi ada beberapa fitur yang tergganggu, seperti :

- Kinerja komputer melambat karena hardware tidak bekerja dengan baik karena tidak menerima daya yang optimal

- Komputer sering restart sendiri atau bahkan mati sendiri

- Socket USB yang tidak berfungsi dengan baik

Jika power supply sudah mengalami kerusakan maka akan sulit diperbaiki, walaupun bisa diperbaiki namun tidak akan berfungsi dengan baik.

Sebaiknya power supply mau tidak mau harus diganti jika sudah mengalami kerusakan. Ganti power supply yang sesuai dengan motherboard dan sistem komputer kalian, jangan sampai salah beli karena dapat merusak hardware lain.

Demikianlah sedikit informasi mengenai ciri-ciri power supply rusak dan bermasalah, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. gan komputer ane processornya ga panas sama sekali, itu yang rusak processor apa mainboard?

    ReplyDelete