Sunday 10 July 2016

Arti Bunyi Bip Pada AMI BIOS

>

Arti Bunyi Bip Pada AMI BIOS - BIOS akan melakukan proses POST (Power On Self Test) pada saat komputer dinyalakan yang berfungsi mengecek kondisi hardware yang terpasang pada komputer.

Saat BIOS mendeteksi ada hardware komputer yang bermasalah maka BIOS akan mengeluarkan bunyi bip yang lain dari biasanya sebagai notice atau tanda ada kerusakan pada hardware tertentu.

Setiap hardware yang bermasalah memiliki kode bunyi bip yang berbeda antara hardware satu dengan yang lain saat mengalami masalah.

Begitu pun dengan merk BIOS yang bermacam-macam pasti memiliki bunyi bip berbeda antara satu merk dengan merk yang lain.

Pada kali ini saya akan memberikan informasi mengenai kode bunyi bip AMI BIOS.

Bagaimana cara mengetahui merk BIOS apa yang kita gunakan ?

Coba perhatikan layar komputer pada saat dinyalakan dan perhatikan logo yang berada di posisi kiri atas. Biasanya jika AMI BIOS akan muncul logo segitiga warna merah dengan tulisan American Megatrends.

Jika anda sudah memastikan merk BIOS yang anda gunakan, berikut kode bip yang terdapat pada AMI BIOS :

Bip 1x panjang - Proses POST dari BIOS berjalan lancar artinya tidak adanya kerusakan pada hardware komputer.

Bip 1x panjang 2x pendek - BIOS menandakan adanya masalah pada Video yang bisa menyebabkan masalah pada tampilan.

Bip 1x panjang 3x pendek - Proses POST saat menguji RAM tidak berhasil dan ada kerusakan di atas 64 kb di alamat memori.

Bip 1x panjang 8x pendek - Artinya BIOS tidak mendeteksi adanya VGA Card atau GPU rusak dan harus diganti karena tidak bisa digunakan lagi.

Bip 1x pendek - Proses POST yang dilakukan BIOS saat refresh DRAM mengalami kegagalan.

Bip 2x pendek - Proses POST pada BIOS mendeteksi error pada RAM pada 64 kb pertama atau bisa jadi ada masalah pada IC (Integrated Circuit).

Bip 3x pendek - Terdeteksi adanya error pada RAM di alamat 64 kb pertama dan kemungkinan IC (Integrated Circuit) tidak berfungsi lagi.

Bip 4x pendek - Proses POST mendeteksi jam sistem gagal atau bermasalah.

Bip 5x pendek - BIOS saat melakukan proses POST mendeteksi adanya kerusakan pada processor atau CPU atau bisa jadi tidak bisa digunakan lagi.

Bip 6x pendek - Artinya BIOS mendeteksi adanya kerusakan pada IC (Integrated Circuit) dari keyboard controller error atau rusak.

Bip 7x pendek - Artinya terdeteksi bahwa processor error yang disebabkan karena kesalahan dari motherboard ataupun CPU.

Bip 8x pendek - Artinya memori tampilan atau display error yang tidak bisa ditulis atau dibaca dan kemungkinan GPU rusak dan VGA Card perlu diganti.

Bip 9x pendek - Proses POST mendeteksi adanya error atau kerusakan pada ROM BIOS atau biasa disebut ROM checksum error.

Bip 10x pendek - Proses POST yang dilakukan BIOS mendeteksi adanya masalah pada CMOS atau karena CMOS gagal dimatikan.

Bip 11x pendek - POST mendeteksi adanya kerusakan pada processor atau pada bagian L2 cache pada processor.

Bunyi bip yang keluar tidak seperti biasanya bisa menjadi solusi diagnosa awal untuk melakukan perbaikan atau pergantian harware pada komputer.

Jika komputer mengalami salah satu ciri di atas atau mengeluarkan bunyi bip seperti di atas, jika anda belum berpengalaman dalam membongkar komputer saya menyarankan sebaiknya komputer diserahkan pada ahli untuk menghindari resiko kerusakan yang lebih parah.

Demikianlah informasi mengenai Arti Bunyi Bip Pada AMI BIOS, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment