Tuesday 9 June 2015

Pertolongan Pertama Pada Flashdisk Yang Terkena Air

>
Cara Mengatasi Flashdisk Yang Terkena Air - Seiring perkembangan zaman khususnya di era modern ini tentunya pengguna komputer di dunia juga semakin bertambah, tetapi sangat disayangkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bagaimana cara merawat perangkat yang digunakan, contohnya saja apa yang harus dilakukan pertama kali saat flashdisk kita tidak sengaja terkena air. Flashdisk merupakan media tempat penyimpanan data. Masih banyak yang belum tau apa yang harus kita lakukan pertama kali saat flashdisk kita tanpa sengaja terkena air agar flashdisk tersebut tidak rusak dan bisa kita gunakan kembali, berikut hal yang harus kita lakukan sebagai pertolongan pertama pada flashdisk yang terkena air.
Pertolongan Pertama Pada Flashdisk Yang Terkena Air

1. Jangan langsung menghubungkan flashdisk ke dalam port USB saat baru saja terkena air 
Ini hal yang paling harus dihindari pertama kali saat flashdisk terkena air karena flashdisk yang masih basah dan kita masukkan ke port USB komputer yang keadaan menyala akan menyebabkan korsleting arus listrik yang bisa menyebabkan kerusakan.

2. Membuka body pelindung flashdisk
Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka body pelindung pada flashdisk agar mempermudah proses pengeringan pada flashdisk, apabila body pelindung flashdisk sulit dibuka maka jangan dibuka karena dikhawatirkan kerusakan yang lain terjadi.

3. Jemur Flashdisk di bawah terik sinar matahari
Langkah selanjutnya yaitu setelah body pelindung flashdisk terbuka (bagi yang bisa dibuka) segeralah jemur flashdisk di bawah terik sinar matahari. Jangan terlalu lama melakukan penjemuran karena dikhawatirkan bisa merusak IC flashdisk.

4. Posisi flashdisk saat melakukan proses penjemuran harus diperhatikan
Saat melakukan proses penjemuran selain memperhatikan waktu penjemuran, perhatikan juga posisi flashdisk saat melakukan penjemuran. Posisikan port flashdisk menghadap kebawah, hal ini berfungsi supaya sisa air dalam flashdisk bisa hilang.

5. Memasang kembali body pelindung flashdisk
Hal terakhir yang harus dilakukan yaitu saat flashdisk benar-benar kering saat melakukan proses pengeringan. Jika sudah dipastikan flashdisk sudah dalam keadaan kering pasang kembali body pelindung flashdisk tersebut.

Setelah kalian melakukan kelima hal diatas, selamat flashdisk anda sudah bisa kembali digunakan dengan aman, silahkan check flashdisk kalian dengan memasukkan ke port usb. Demikianlah sedikit tips yang bisa saya share tentang hal yang harus dilakukan pertama kali saat flashdisk tanpa sengaja terkena air, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

1 comment: