Friday 8 July 2016

Ciri-Ciri Motherboard Rusak atau Bermasalah

>

Ciri-Ciri Motherboard Rusak atau Bermasalah - Motherboard merupakan hardware atau perangkat keras yang sangat berperan penting dalam membangun sebuah sistem komputer.

Motherboard atau biasa juga disebut dengan mainboard ataupun mobo berfungsi menghubungkan hardware yang ada pada komputer atau laptop.

Motherboard terdiri dari beberapa socket dan port yang befungsi sebagai tempat meletakkan hardware atau komponen-komponen komputer.

Sama halanya dengan hardware yang lain, motherboard juga bisa mengalami kerusakan, berikut beberapa ciri-ciri motherboard rusak atau bermasalah :

1. Komputer mengalami panas berlebihan saat dinyalakan

Komputer yang normal biasanya akan panas jika sudah beroperasi lebih dari 3 jam dan lain halnya jika motherboard mulai rusak, akan terasa panas pada awal komputer dinyalakan.

Penyebab komputer mengalami panas berlebihan pada awal dinyalakan disebabkan karena ada kerusakan pada bagian IC psu (power supply) dan IC chipset, sehingga menyebabkan chipset dan juga komponen lain menjadi panas.

Untuk memastikan hal tersebut sebaiknya periksa apakah komponen telah terpasang baik pada socketnya, apabila sudah diperiksa dan masalah masih terjadi bisa dipastikan motherboard mengalami masalah.

2. BIOS mengalami masalah

Secara umum jika motherboard rusak akan mempengaruhi BIOS. Ada beberapa masalah yang terjadi pada BIOS jika motherboard rusak seperti tidak bisa masuk ke menu bios, terjadi stuck pada Menu BIOS, dan komputer menyala dan hanya muncul logo BIOS saja.

Jika mengalami masalah ini sebaiknya bawa ke teknisi berpengalaman karena masalah ini masih bisa di atasi.

3. Kipas CPU atau Processor tidak menyala

Gejala lain yang bisa terjadi jika motherboard rusak atau bermasalah adalah kipas atau fan yang ada pada CPU atau processor tidak beroperasi.

Hal ini terjadi karena motherboard tidak bisa memberi aliran listrik pada kipas sehingga kipas atau fan yang ada pada CPU atau processor tidak dapat bekerja.

Jika motherboard mengalami hal ini direkomendasikan sebaiknya mengganti motherboard komputer untuk mencegah terjadi kerusakan pada komponen lain.

4. Komputer bunyi bip berkali-kali

Pada saat komputer dinyalakan akan muncul bunyi bip berkali-kali, hal ini bisa jadi karena ada komponen lain yang bermasalah seperti ram atau hardisk.

Jadi untuk mengatasi hal ini perlu melakukan pengecekan secara manual untuk memastikan komponen mana yang bermasalah.

5. Komputer Sering Mati Sendiri

Salah satu gejala yang terjadi jika motherboard rusak adalah komputer akan mengalami sering mati sendiri atau restart sendiri. Selain motherboard rusak bisa juga disebabkan karena hal lain.

Penyebab Motherboard Rusak

Motherboard dapat mengalami kerusakan karena komputer mengalami overheating pada processor, kerusakan pada bagian IC seperti IC terbakar, overclock, suplai listrik kurang atau berlebihan, dan bisa juga karena ada virus yang menyebabkan processor menjadi panas.

Pencegahan Agar Motherboard Tidak Cepat Rusak

Untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada motherboard hal yang dapat dilakukan adalah selalu menjaga suhu komputer agar tidak overheating, menjauhkan motherboard dari lokasi berdebu yang dapat menghambat proses pendinginan, selalu memeriksa setiap komponen apakah sudah terpasang dengan baik, menggunakan volt stabilizer untuk mencegah suplai listrik berlebihan atau kurang.

Demikianlah sedikit informasi tentang Ciri-Ciri Motherboard Rusak atau Bermasalah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment