Monday 4 July 2016

Ciri-Ciri Hardisk Rusak atau Bermasalah

>

Ciri-ciri Hardisk Rusak atau Bermasalah - Hardisk merupakan salah satu komponen yang sangat vital yang ada dalam komputer. Komponen ini saya katakan sangat vital dikarenakan hardisk merupakan tempat penyimpanan data seperti sistem operasi (OS), driver, music, gambar, video, document, dan lain-lain. Jika hardisk rusak otomatis semua data penting yang kita simpan akan hilang.

Sayang sekali bukan jika hardisk kita rusak tanpa sebelumnya kita belum melakukan backup pada data kita. Untuk itu saya akan memberikan beberapa ciri-ciri hardisk yang mulai rusak atau bermasalah, sebagai berikut :

1. Stuck Pada Awal Booting

Pada saat menyalakan komputer atau laptop dan saat layar pertama muncul akan mengalami hang atau stuck, hal ini kemungkinan besar disebabkan karena hardisk mulai rusak atau bermasalah. Untuk pengetesannya bisa dengan melepas dulu hardisk dan coba nyalakan komputer atau laptop dan jika tidak tertahan atau stuck pada layar pertama atau logo vendor berarti hardisk rusak.

2. Blue Screen of Death

Saat menyalakan komputer atau laptop dan muncul layar berwarna biru yang menandakan ada kerusakan terhadap sofware dan yang lebih buruk lagi ada kerusakan pada salah satu hardware. Untuk mengetahui penyebabnya coba nyalakan kembali komputer atau laptop dan langsung masuk ke safe mode dengan cara menekan tombol F8 sebelum logo windows muncul dan pilih safe mode. Apabila kalian berhasil masuk windows melalui safe mode dan tidak mucul blue screen berarti penyebab blue screen karena adanya virus atau program crash. Apabila blue screen masih muncul saat masuk melalui safe mode coba ganti RAM dan lakukan instal ulang sistem operasi dan jika blue screen masih muncul setelah melakukan hal tersebur berarti hardisk bermasalah atau rusak.

3. Kinerja Hardisk Lambat

Pada saat menyalakan komputer atau laptop dan proses booting terasa lambat kemudian setelah masuk ke sistem operasi kita masih harus menunggu lagi. Hal ini terjadi bisa disebabkan karena beberapa hal seperti ada virus, program startup terlalu banyak, sistem operasi bermasalah, dan lain-lain. Untuk mengatasi ini cobalah melakukan pengaturan ulang terhadap program yang ada atau dengan mematikan auto start pada program yang tidak penting dan instal antivirus yang update terbaru kemudian lakukan scan. Jika masalah masih berlanjut sebaiknya lakukan instal ulang sistem operasi. Setelah melakukan instal ulang sistem operasi dan masalah tetap sama berarti hardisk bermasalah. Saat melakukan instal ulang sistem operasi dan memakan waktu di atas 45 menit menandakan ada yang bermasalah dengan hardisk.

4. Bunyi Hardisk Terdengar Keras dan Aneh

Hardisk adalah hardware yang salah satu komponennya berupa piringan yang berputar saat melakukan proses seperti read dan write data dan otomatis akan mengeluarkan suara saat berputar. Jika hardisk saat bekerja dan mengeluarkan suara yang keras dan aneh seperti "crek crek crek" yang disertai proses yang lambat pada komputer bearti hardisk mengalami masalah atau rusak.

5. Hardisk Tiba-tiba Tidak Muncul

Saat menyalakan komputer atau laptop dan tidak bisa melakukan booting atau masuk ke sistem operasi. Setelah melakukan pengecekan pada bios dan hardisk tidak muncul atau tiba-tiba hilang dan setelah melakukan restart komputer beberapa kali dan hardisk muncul lagi dan proses booting normal dan berarti ada kemungkinan hardisk bermasalah atau rusak. Tapi sebelum memastikan hal tersebut ada baiknya kita periksa dulu kabel hardisk apakan sudah terpasang dengan baik atau belum dan jika perlu coba ganti kabel tersebut untuk memastikan masalah masih terjadi atau tidak. Jika setelah melakukan hal ini dan masalah masih terjadi berarti hardisk mengalami masalah atau rusak.

Ciri-ciri hardisk yang bermasalah atau rusak di atas merupakan hal yang sering terjadi dan menurut pengalaman pribadi saya. Jika kalian mengalami salah satu hal di atas segera lakukan backup data penting atau berharga kalian segera mungkin sebelum hardisk kalian benar-benar rusak atau tidak bisa dipakai lagi. Diluar sana juga terdapat banyak software yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi hardisk kita.

Demikianlah sedikit informasi mengenai ciri-ciri hardisk rusak atau bermasalah. Semoga berguna atau bermanfaat.

No comments:

Post a Comment