Sunday 3 April 2016

Cara Mengatasi A Disk Read Error Occurred pada Windows

>
Cara Mengatasi A Disk Read Error Occurred pada Windows - Hello kawan-kawan sekalian pernahkan kalian mendapat pesan "a disk read error occurred Press Ctrl+Alt+Del to restart" pada saat menyalakan komputer kalian dan ketika kita melakukan perintah dari pesan tersebut atau menekan tombol Ctrl+Alt+Del komputer akan restart dan kemudian akan muncul lagi pesan tersebut secara berulang. Hal ini pasti membuat kita bingung dan merasa jika ada masalah yang terjadi pada komputer saya. Ini merupakan pesan error dari BIOS yang menandakan ada masalah yang terjadi pada komputer kita.

Cara Mengatasi A Disk Read Error Occurred pada Windows

Hal ini biasanya disebabkan karena ada kerusakan pada hardisk atau komponen-komponen lain dan juga karena ada masalah pada settingan BIOS kita.

Jadi bagaimana cara mengatasi masalah ini ? Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dan kemungkinan kita akan membongkar cash komputer untuk memeriksa komponen hardware. Tapi sebelum itu kita melakukan hal yang lebih mudah dulu. Berikut akan saya paparkan solusinya yang dapat kita lakukan.

 

Load Optimize Default pada BIOS

Hal yang pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah "a disk read error occurred Press Ctrl+Alt+Del to restart" adalah dengan cara mengembalikan pengaturan BIOS kita ke posisi default. Caranya hidupkan atau nyalakan komputer kita kemudian kita tekan DEL atau F2/F10/F11/F12 (tergantung cara masuk pada BIOS anda karena caranya berbeda pada tiap merk motherboard). Setelah kita berhasil masuk ke menu BIOS kita pilih Load Optimize Default tujuannya untunk mengembalikan pengaturan BIOS menjadi default.

 

Reset BIOS Melalui Baterai CMOS

Caranya kita buka cashing komputer kita dan ingat jangan lupa mencabut kabel powernya dulu dan kemudian kita dapat mencari letak posisi baterai CMOS dan jika kita sudah dapat posisinya kita cabut baterai CMOS dan kemudian kita pasang kembali. Hal ini bertujuan untuk mereset atau mengembalikan pengaturan BIOS menjadi semula atau default. Setelah itu coba nyalakan komputer kita apakah pesan tersebut muncul atau tidak dan jika masih muncul kita coba cara berikut.

 

Periksa Kabel Hardisk

Jika cara diatas tidak mengatasi masalah ada kemungkinan masalah pada hardisk kita tapi tenang dulu kita periksa dulu apakah kabel hardisk kita terpasang dengan baik pada motherboard. Hal yang perlu kita lakukan adalah buka cashing komputer dan saya ingatkan lagi sebelumnya lepas atau cabut dulu kabel powernya supaya tidak tersetrum listrik setelah itu periksa kabel hardisk atau cabut dan pasang kembali kabelnya dan setelah itu coba deh kita nyalakan komputer kita dan jika pesan itu muncul kembali berarti hardisk kita mengalami kerusakan. Ada baiknya kita coba pindahkan hardisk kita ke unit komputer lain dengan tujuan memastikan apakah hardisk kita benar-benar rusak atau ada komponen yang lain yang rusak.

Demikianlah Solusi Mengatasi A Disk Read Error Occurred Press Ctrl+Alt+Del to restart pada Windows, selamat mencoba dan semoga membantu masalah kalian. Terimakasih telah berkunjung.

No comments:

Post a Comment